Air Conditioner merupakan alat elektronik yang memiliki garansi berbeda dari elektronik lainnya, sebab Garansi pada AC terdapat 2 bagian. Pertama, garansi pada spare parts dan yang kedua adalah garansi pada kompresor. Namun para calon customer selalu bertanya apakah ada garansi toko? Nah kali ini kami akan sedikit memberikan penjelasan mengenai garansi yang baik untuk AC Baru anda, apakah garansi resmi AC ataukah garansi toko?

garansi resmi ac

Sebelum kita lanjut ke pokok permasalahan, ada baiknya anda terlebih dahulu mengetahui komponen yang mendapat garansi sebagai berikut :

  1. Garansi Spare Parts
    Garansi ini adalah meliputi hampir semua bagian spare parts pendukung dalam sistem kerja AC contohnya, evaporator, pcb hingga kondensor. Untuk klaim garansi sendiri, hanya jika komponen tersebut rusak bukan karena kesalahan manusia. Lamanya garansi pada spare parts ini tergantung dari merek AC nya, karena biasanya berbeda-beda ada yang 1 tahun hingga 5 tahun garansi spare parts.
  2. Garansi Kompresor
    Garansi ini biasanya yang dianggap penting bagi pemilik AC karena memang kompresor bisa disebut jantungnya AC. Fungsi kompresor sendiri untuk memompa gas freon supaya menyebar ke komponen yang dibutuhkan untuk pendinginan. Usia dari kompresor ini biasanya yang cukup lama dan awet, sehingga garansi yang diberikan dari pemilik merek AC rata-rata panjang mulai dari 3 – 10 tahun. Sama seperti garansi spare parts, ini juga tidak bisa diklaim jika ada kerusakan akibat kesalahan manusia.

Nah sekarang kita mulai ke pokok permasalahan, manakah yang baik untuk AC baru, garansi resmi atau garansi toko? Jika melihat perbedaanya pun jelas sangat berbeda. Biasanya garansi toko itu hanya memberikan garansi pemasangan jika AC dipasang oleh teknisi dari toko tersebut. Namun untuk garansi unitnya tetap menggunakan garansi resmi AC nya. Jadi jangan salah paham yah teman-teman, garansi toko untuk unit AC itu sebetulnya tidak ada. Toko AC hanya memberikan garansi pemasangan dan itupun jika AC nya dipasang oleh teknisi dari toko tersebut.

Begitu pula garansi distributor, para distributor AC tidak pernah memberikan garansi unit melainkan garansi resmi AC tersebut. Seperti halnya Haka Polar Indonesia selaku distributor AC Daikin, Gree, Sharp, Panasonic tidak pernah memberikan garansi distributor terhadap unitnya. Namun kami memberikan garansi bahwa produk yang kami jual dijamin original.

Jadi sekarang sudah paham yah, antara garansi resmi, garansi toko dan juga garansi distributor? Jadi mana yang lebih baik untuk AC baru anda? Tentu saja Garansi resmi AC, karena selagi unit AC tersebut masih dalam masa garansi anda bisa klaim langsung ke nomor telepon yang tertera pada kartu garansi. Dan jangan lupa siapkan bukti pembelian dari toko atau distributor tempat anda beli AC nya yah.

Manakah yang Baik untuk AC Baru, Garansi Resmi AC atau Garansi Toko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *