Tipe AC yang Cocok Berdasarkan Karakteristik Penggunanya

Ternyata setiap tipe AC itu bisa ditentukan melalui karakteristik seseoran loh. Seperti yang kita ketahui, AC atau air conditioner ini memiliki beberapa tipe berbeda yaitu tipe Standard, Low Watt dan Inverter. Nah kalian sudah tau belum, kalo tipe tipe tersebut bisa disambungkan dengan karakteristik anda sendiri. Sekarang kita simak sedikit tips dibawah ini yah, cara menentukan tipe AC yang mau dibeli berdasarkan karakteristik anda sendiri.

  1. Tipe “Gak Sabaran Mau Cepat Dingin” : Pilih AC Standard
    Buat anda yang punya sifat “gak sabaran” sebaiknya pilih tipe AC Standard saja yah. Loh kenapa? Alasannya, AC tipe Standard ini bisa mendinginkan ruangan dengan cepat jika kapasitas PK dan luas ruangannya sesuai ya tentunya. Jadi, kalau anda yang baru pulang dari bepergian saat sampai rumah ingin mendapatkan kenyamanan dengan ruangan yang sejuk lebih cepat, maka AC tipe Standard yang pas untuk anda.
  2. Tipe “Suka Berhemat” : Pilih AC Low Watt
    Selanjutnya adalah tipe karakteristik orang yang suka berhemat, sangat cocok banget untuk memilih AC tipe Low Watt. Anda yang suka berhemat atau gemar menabung dan tidak sombong, sebaiknya gunakan AC Low Watt, karena AC ini menggunakan daya listrik yang cukup kecil dari AC standard. Terus AC nya ga dingin yah? Oh tenang saja, selama AC Split anda berfungsi dengan baik, AC Low Watt juga bisa menyejukkan ruangan anda layaknya AC tipe standard yah, bedanya mungkin untuk mendinginkan ruangan agak sedikit lebih lama dari AC tipe Standard.
  3. Tipe “Jago Investasi Jangka Panjang” : Pilih AC Inverter
    Nah yang terakhir, buat anda yang suka banget sama investasi, baik itu emas ataupun crypto. Anda juga bisa menerapkannya dengan memilih AC tipe Inverter. Beli AC Inverter bisa dapet cuan ya? Gak gitu juga konsepnya, maksudnya tipe AC inverter ini memiliki daya listrik yang lebih irit dari tipe AC lainnya, jika dihitung pemakaian AC dalam jangka panjang, maka biaya listrik yang dikeluarkan hanya 50% nya dari tipe AC Standard meskipun harga AC Inverter lebih mahal dari tipe lainnya. Itulah yang dimaksud beli AC Inverter seperti berinvestasi jangka panjang, keluar dana besar diawal tapi untuk selanjutnya bayar tagihan listrik yang lebih murah.

Jadi itulah cara kita memilih tipe AC yang disesuaikan dengan karakteristik anda sendiri. Tidak perlu pusing lagi karena karakteristik anda, hanya anda yang mengetahui pastinya. Dari ketiga tipe AC itu mana yang paling dingin? Semua tipe AC tersebut juga dingin yang membedakan hanya besaran daya yang dikeluarkan dan cepat lamanya AC mendinginkan ruangan. Haka Polar Indonesia memiliki semua tipe AC diatas untuk kebutuhan pendingin ruangan anda. Hubungi kami untuk info lebih jelasnya yah.

Beli AC Bonus Air Purifier dari AC Panasonic 2 in 1

AC Panasonic 2 in 1

ac panasonic 2 in 1

Di masa Pandemi seperti sekarang, kebutuhan udara yang bersih dan segar untuk di rumah sangat diutamakan. Hal tersebut karena setelah kita beraktivitas diluar seharian dengan menggunakan masker, tentu membuat kita merasa tidak nyaman. Demi terhindar dari bakteri atau virus yang bisa kapanpun menyerang tubuh kita. Untuk itu saat kita pulang ke rumah, kita harus menyegarkan tubuh dengan minum air mineral yang cukup juga mendapatkan udara yang jernih, bersih dan segar untuk anda bernafas.

Untuk mendapatkan udara yang jernih, bersih dan segar didalam rumah anda, cukup dengan menggunakan air conditioner terbaru dari Panasonic. Nah, kali ini saya akan memberitahukan AC Panasonic yang cukup populer di pertengahan tahun 2021 lalu. AC ini biasa dikenal dengan nama AC Panasonic 2 in 1. Wah namanya menarik juga yah untuk kita bahas. Ok berikut akan kami jelaskan sedikit mengenai AC yang cukup fenomenal ini.

Dari namanya mungkin kalian sudah bisa membayangkan, kalau AC ini memiliki 2 fungsi utama. Yups betul sekali, AC Panasonic 2 ini 1 ini memiliki 2 fungsi utama yaitu sebagai penyejuk ruangan dan juga sebagai penjernih udara di ruangan.

Penyejuk Udara

Tentu saja barang elketronik AC merupakan alat untuk penyejuk atau pendingin ruangan. Tapi AC ini memiliki beberapa kelebihan yang cukup dicari oleh mereka yang mengerti tentang Air Conditioner. Air Conditiner Panasonic terbaru 2 in 1 ini telah dilengkapi dengan Blue Fin yang melekat pada evaporator AC nya. Blue fin sendiri dapat membuat AC lebih awet dari serangan korosi yang mungkin terjadi. Selain itu, Panasonic berani memberikan garansi evaporator selama 3 tahun kepada unit AC ini. AC ini juga dapat mendinginkan ruangan 18% lebih cepat hanya dengan satu tombol saja.

Penjernih Udara

Nah ini dia yang unik dari AC Panasonic 2 in 1. AC ini memiliki fungsi sebagai penjernih udara. Jika kalian pernah mengetahui barang elektronik bernama Air Purifier, AC ini memiliki fungsi Air Purifier didalamnya. Penjernih udara pada AC ini dilengkapi dengan teknologi nanoe X yang terbukti 99,99% efektif melawan virus corona di udara maupun yang menempel dipermukaan. Selain itu teknologi nanoe X ini mampu menghilangkan bakteri, jamur, alergen, zat berbahaya (PM2.5), menghilangkan partikel debu, menghilangkan partikel bau tak sedap, serta melembapkan kulit dan rambut.

Air purifier yang terdapat pada AC ini dapat tetap menyala meskipun pendingin sedang di non aktifkan. Daya yang dipakai juga tidak besar jadi anda tidak perlu khawatir akan tagihan listrik anda meskipun air purifier menyala selama 24 jam. Karena daya yang dipakai untuk menjernikan udara yaitu sekitar 25 watt saja.

Gimana, keren kan AC Panasonic 2 in 1 ini?

Mau ganti AC lama anda dengan AC Panasonic terbaru ini? boleh hubungi kami di kontak yang ada dibagian bawah website kami yah. Tersedia kapasitas mulai dari 1/2 pk hingga 2 pk yah. Anda juga bisa konsultasikan kepada kami jenis kapasitas AC yang tepat untuk dipasang di ruangan anda.

Salam Sehat Selalu…

Daftar AC Floor Standing Paling Banyak Dicari 2021

AC Floor Standing atau yang biasa dikenal dengan AC Standing, merupakan AC dengan kapasitas minimal 2 PK yang penempatan indoornya berdiri di lantai. Tinggi dari AC ini sekitar 1,6 meter hingga 2 meter dari lantai dengan lebar sekitar 60 – 80 cm. Pencarian AC tipe ini cukup banyak di Indonesia karena memang kapasitas PK dari AC tipe standing ini mulai dari 2 pk hingga 5 pk. Kali ini Haka Polar akan memberikan info AC Floor Standing yang paling banyak dicari di tahunu 2021 ini.

Daftar AC Floor Standing banyak dicari tahun 2021 :

(more…)

Penyebab AC Cepat Rusak

Air Conditioner atau yang biasa kita sebut AC adalah alat elektronik yang dapat mendinginkan suhu ruangan sesuai keinginan kita. Banyaknya peminat AC dan yang memilikinya, tentu akan banyak pula masalah yang biasa kita temui dari AC tersebut. Mulai dari AC rusak ringan hingga rusak total. Nah kali ini Haka Polar akan memberikan sedikit informasi mengenai penyebab AC Cepat Rusak dan cara sederhana mengatasinya. Informasi ini cukup bermanfaat bagi anda yang memiliki AC dirumah atau bagi anda yang menggunakan AC dikantor anda.

ac cepat rusak

Sebelum masuk ke inti persoalan yang akan dibahas, kami sarankan untuk beli AC baru dengan merk yang memiliki jaminan kualitas yang baik seperti AC Daikin, AC Gree, AC Sharp dan AC Panasonic. Dengan membeli AC baru, anda sudah terlebih dahulu terhindar dari kemungkinan AC Cepat rusak. Namun, anda juga harus memperhatikan hal-hal berikut ini supaya lebih menghindari kemungkinan dari penyebab AC cepat rusak.

Penyebab AC Cepat Rusak

  1. Jarang Cuci AC

AC adalah alat elektronik yang butuh perawatan khusus, karena AC juga bekerja dengan sirkulasi udara di dalam ruangan. Sehingga debu yang ada diruangan yang dipasang AC akan disaring oleh AC unit indoor. Jika AC jarang di cuci atau tidak dicuci secara berkala maka kotoran dan debu yang menempel di unit AC indoor akan menghambat kinerja AC untuk mendinginkan ruangan. Dengan begitu, AC akan berkerja lebih keras untuk medinginkan ruangan, nah itulah yang dapat menyebabkan AC biasanya cepat rusak.

Untuk menghindari hal tersebut, tentunya anda harus menjadwalkan rutin mencuci AC anda minimal 3 bulan sekali. Hal tersebut dapat membersihkan unit AC indoor dan outdoor sehingga AC dapat mendinginkan ruangan dengan cepat tanpa harus bekerja lebih keras pada kompresornya

  1. Pipa AC Tidak Sesuai Standar

Pipa AC adalah sparepart pendukung yang sangat penting diperhatikan, pasalnya jika salah spesifikasi atau jenisnya maka AC pun tidak akan maksimal bahkan menyebabkan kerusakan pada AC lebih cepat. Anda harus memperhatikan diameter dan juga ketebalan dari pipa tersebut. Karena jika pipa terlalu tipis maka akan mudah menyebabkan kebocoran freon pada AC tersebut. Jika freon kurang dan AC dipaksakan bekerja, inilah yang jadi penyebab AC cepat rusak.

Untuk itu anda harus menanyakan ke penjual AC yang anda beli tipe pipa AC yang cocok untuk AC yang anda beli adalah tipe dan jenis yang seperti apa. Untuk sekarang, pipa AC yang cocok adalah minimal dengan ketebalan 0,6mm. Kurang dari itu, tidak direkomendasikan karena akan mudah bocor pada bagian sambungan atau lekukan.

  1. Kapasitas PK Tidak Sesuai Luas Ruangan

Jika ruangan anda terlalu besar untuk kapasitas PK yang kecil, maka AC akan bekerja lebih keras pada kompresornya sehingga AC pun akan cepat rusak jika hal tersebut terus menerus dipaksakan.

Sebelum anda membeli AC sebaiknya hitung dahulu luas ruangan yang akan anda pasang AC nya. Setelah itu anda tanyakan kepada penjual AC manakah kapasitas PK yang sesuai dengan ruangan anda. Jangan sampai salah beli AC di awal yah, karena akan sangat merugikan bagi anda.

Itulah sedikit informasi yang Haka Polar rangkum untuk anda ketahui Penyebab AC cepat rusak dan cara menghindari hal tersebut terjadi dikemudian hari. Karena idealnya AC baru itu dapat bertahan lebih dari 5 tahun tanpa kerusakan jika anda memperhatikan hal-hal yang ada di atas yah. Tapi anda bisa pilih AC Gree dengan garansi yang cukup panjang yaitu 5 tahun spareparts dan 10 tahun kompresor. Haka Polar memiliki harga AC Gree dengan kualitas terbaik karena kami juga distributor resmi untuk penjualan Jawa dan Bali.

Untuk informasi dan konsultasi seputar AC yang akan anda beli dapat WA di nomor berikut ini :

081919232328(Ayu) 
081919232329(Diah) 
081919232330(Silvi)

Bolehkah AC Indoor dan Outdoor Dipasang Berbeda Merk

Kejadian ini bisa dibilang hampir sering terjadi ketika salah satu dari unit AC ada yang rusak baik indoor ataupun outdoor-nya. Nah, timbul pertanyaan apakah boleh jika AC indoor dan Outdoor dipasang dengan merk yang berbeda. Misalnya Indoor merk Daikin dipasang dengan outdoor merk Gree. Kali ini Haka Polar akan memberikan sedikit informasi megenai hal tersebut yaitu bolehkah AC indoor dan outdoor dipasang berbeda merk?

Jika salah satu unit AC anda rusak, tentunya anda sempat terlintas untuk beli unit AC yang rusaknya saja, misal indoor saja yang rusak. Pasti anda akan mecari toko AC yang jual indoor AC nya saja namun pasti sulit untuk menemukan toko yang jual AC seperti itu. Kebanyakan toko dan dealer AC hanya menjual AC satu set indoor dan outdoor. Karena memang dari produsennya sendiri memproduksi AC sepasang indoor dan outdoor. Tapi jika anda menemukan toko AC yang bisa jual tanpa satu set, ada syarat-syaratnya untuk anda perhatikan. Berikut ini adalah syarat untuk anda lakukan ketika akan pasang AC dengan indoor dan outdoor yang berbeda merk.

Merk AC Sama Namun Beda Tipe

Kita mulai dari kasus yang sederhana, misalnya AC merk Daikin tipe standard FTNE Series bagian indoornya rusak 5 tahun kemudian. Anda sudah mencari kemana-mana namun tidak dapat menemukan indoor FTNE series karena memang sudah tidak ada unitnya. Akhirnya harus menggunakan indoor Daikin dengan series terbaru. Tipe memang berbeda, namun karena teknologi dan fiturnya masih sama-sama standard maka AC bisa bekerja semestinya. Namun anda juga harus memperhatikan jenis freon dan teknologinya, jika jenis freon berbeda misal yang lama R410a ganti dengan indoor baru yang R32 itu tidak bisa dan teknologi sebelumnya standard diganti dengan indoor low watt itupun tidak akan maksimal.

Merk AC Berbeda, Tipe Berbeda

Misalnya Indoor merk Panasonic dan outdoornya merk Gree. Selagi teknologi serta fiturnya sama maka sah-sah saja untuk dipasang karena teknologi standard memiliki fitur yang sama meskipun berbeda merk. Lain halnya jika AC low watt dan inverter, setiap merk pasti mengadopsi teknologi yang berbeda. Disitulah akan timbul masalah pada sistem kerja AC. Karena ada beberapa merk AC dengan teknologi inverter hemat diawal lalu selanjutnya menyesuaikan. Tapi ada juga diawal BTU nya tinggi dan selanjutnya konsumsi listrik lebih efisien.

Namun biasanya jika berbeda merk, beberapa fitur tidak bisa bekerja secara normal, karena mungkin setiap merk memiliki fitur unik. Tapi sebagian orang mungkin tidak mempermasalahkan hal tersebut karena yang penting AC bisa mendinginkan ruangan saja itu sudah cukup.

Larangan Yang Harus Diperhatikan

Jika memang anda tetap ingin membeli unit yang berbeda anda harus perhatikan kapasitas PK. Jika sebelumnya berkapasitas 1 pk, jangan gunakan yang kapasitas berbeda misal jadi 1,5 pk. Kedua, anda harus perhatikan teknologinya, AC standard jangan digabungkan dengan AC inverter atau low watt. Selain itu anda juga harus lihat jenis freonnya, harus sama dengan AC sebelumnya. Jika dari kami tentu saja menyarankan untuk jangan menggunakan merk atau tipe yang berbeda karena jika masih sama merk dan tipe tentu saja fitur-fitur yang didalamnya akan tetap bisa digunakan. Dengan begitu akan mengurangi resiko rusak yang lebih cepat jika menggunakan AC dengan merk atau tipe berbeda. Namun sebagai informasi anda akan kesulitan mencari penjual AC baru yang jual hanya indoor atau outdoor-nya saja. Kebanyakan hanyalah toko AC rekondisi (bekas) yang menjual unit AC indoor atau outdoor-nya saja. Untuk harga AC rekondisi tentu saja jauh lebih murah dari harga AC yang baru.