Tipe dan Jenis AC (Air Conditioner) yang Perlu Kamu Ketahui

 

Pendingin ruangan atau yang lebih dikenal dengan sebutan AC (Air Conditioner) memiliki beberapa jenis dan tipe sesuai dengan fungsi dan peruntukkannya. Setiap jenis dan tipe AC berbeda baik dari segi model, ukuran body, ukuran pk sampai ke harganya.

Kamu perlu mengetahui tipe dan jenis AC agar dapat menentukan produk air conditioner apa yang tepat untuk kamu beli dan gunakan. DIbawah ini beberapa tipe air conditioner yang ada di pasaran.

Jenis dan Tipe AC

Tipe dan jenis AC dibedakan berdasarkan fungsi dan kegunaannya sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan. Ada untuk industry dan ada juga untuk rumah ataupun ruangan indoor lainnya.

1. AC Split

AC split merupakan jenis AC yang paling banyak digunakan terutama untuk rumah dan kantor karena perawatannya yang lebih mudah, selain itu juga mudah untuk diletakkan pada dinding atas sehingga interior ruangan tetap bagus dan menarik. AC split terdiri dari 2 bagian yaitu bagian indoor dan outdoor. Bagian indoor merupakan tempat yang mengeluarkan udara dingin sehingga suhu ruangan menjadi turun sedangkan bagian outdoor merupakan mesin dari AC tersebut. Bagian outdoor acapkali diletakkan di luar ruangan. Jenis AC split juga memiliki beberapa tipe seperti tipe standar, low watt, plasma dan inverter.

Jenis AC (Air Conditioner) yang Perlu Kamu Ketahui

2. AC Cassette

AC cassette ini lebih sering dipakai di dalam ruangan kantor dan ruangan pertemuan karena AC ini dapat cepat mendinginkan ruangan yang lebih luas. AC cassette ini dipasang dan menempel pada plafon sehingga untuk memasangnya perlu keahlian khusus daripada ketika memasang AC split.

3. Jenis AC Standing

Jenis AC standing biasanya diperlukan untuk beberapa acara khusus yang terdapat banyak orang dan dilakukan dalam ruangan indoor. Hal tersebut bertujuan agar mereka merasa nyaman dengan suhu udara yang sejuk. AC standing disebut juga AC floor standing karena unit pendinginnya berdiri dan bisa dipindah-pindah walalupun memerlukan beberapa orang untuk memindahkannya. Acara yang sering memakai AC standing ini yaitu pernikahan, seminar, pameran, dan lainnya.

4. AC Ducted

AC ducted ini biasanya digunakan pada gedung perkantoran, mall, rumah sakit, pabrik yang memang membutuhkan jalur pendinginan yang dapat diatur sehingga udara dingin tersebut dapat disalurkan melalui jalur ducting yang ada di bangunan tersebut. Pengontrolan suhu udara dapat dilakukan pada satu titik sehingga memudahkan pengguna.

5. Jenis AC Ceiling

Jenis AC ceiling ini lokasi pemasangannya hampir mirip dengan jenis AC cassette namun AC ceiling digunakan pada ruangan yang memiliki langit-langit namun tanpa adanya plafon, sehingga jika menggunakan AC ini maka akan terlihat menyatu dengan ruangan yang dipasang AC tersebut. AC ini memiliki panjang pipa yang lebih tinggi dan memiliki efisiensi tinggi.

Informasi diatas mengenai beberapa jenis AC yang ada di pasaran semoga membantu kamu untuk dapat membeli air conditioner yang tepat sesuai kebutuhan. Telusuri juga toko AC yang memberikan harga AC murah atau yang sedang melakukan promo seperti hargaac.co.id, sehingga kamu mendapatkan produk AC dengan harga yang tepat.

Jenis & Tipe Air Conditioner (AC)
Tagged on:                         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X