Kurangi Tagihan Listrik Bulanan dengan Cara Menghemat Listrik Saat Menggunakan AC

 

Pendingin ruangan / air conditioner / AC sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Indonesia terutama di perkotaan karena semakin panasnya suhu udara di negara khatulistiwa ini. Namun terkadang pemakaian AC yang tidak disertai pengetahuan cara pemakaian yang tepat maka akan menambah biaya listrik bulanan. Oleh karena itu, perhatikan tips cara menghemat listrik saat pemakaian AC di bawah ini agar tagihan listrik setiap bulan bisa lebih hemat dan tidak boros.

Tips Menghemat Listrik Pemakaian AC

Tips Menghemat Listrik Pemakaian AC

 

Menghemat listrik itu penting, selain untuk mengurangi biaya listrik juga untuk mengurangi pemakaian listrik yang boros sehingga PLN dapat memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Indonesia menjadi lebih optimal. Beberapa cara menghemat listrik saat pemakaian AC, diantaranya :

Rutin lakukan perawatan unit AC. Sebaiknya setiap 3 bulan sekali lakukan perawatan agar mesin AC tetap optimal dan tidak memakan listrik banyak.

Set waktu (timer) beroperasinya AC. Hal tersebut untuk mengurangi pemakaian AC karena ada kondisi tertentu AC harus dimatikan, misalkan saat tidur. AC tidak harus semalaman terus menyala.

Matikan AC saat tidak digunakan. Ini penting sekali karena saat Anda pergi dari ruangan untuk waktu yang lama, maka sia-sia pendinginan yanag dilakukan oleh AC, karena tidak ada orang di dalamnya.

Aturlah suhu pada AC dengan thermostat. Atur suhu sesuai dengan kenyamanan Anda, untuk aktifitas sehari-hari sebaiknya set suhu pada 25°C atau bisa juga atur suhu 3-5°C lebih kecil daripada suhu di luar ruangan.

Baca Juga : Perbedaan AC Tipe Low Watt dan Inverter

Tutup jendela dengan tirai. Jendela yang terkena sinar matahari langsung sebaiknya ditutup dengan tirai saat menyalakan AC karena hal tersebut dapat menghemat pemakaian listrik untuk mendinginkan ruangan.

Usahakan cat interior rumah berwarna terang, jangan gelap. Mengapa? Karena warna gelap itu menyerap panas lebih banyak daripada warna yang lebih terang. Semakin panas maka semakin lama AC mendinginkan ruangan tersebut sehingga pemakaian listrik pun semakin banyak.

Gunakan ventilasi yang dapat dibuka tutup, sehingga ketika AC menyala maka dapat secepatnya mendinginkan ruangan karena tidak ada lubang udara yang terbuka lebar.

Sesuaikan tipe dan ukuran pk AC. Penting untuk mengetahui tipe AC dan ukuran pk AC yang tepat untuk digunakan pada ruangan yang akan dipasangi AC.

 

Semoga dengan adanya beberapa tips menghemat listrik saat pemakaian AC tersebut dapat memberikan manfaat yaitu berkurangnya tagihan listrik setiap bulan.

Cara Menghemat Listrik Saat Pemakaian AC
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X