Selamat Tahun Baru Imlek 2018

AC (air conditioner) atau yang orang Indonesia kenal sebagai pendingin ruangan ini telah menjadi kebutuhan sekunder bagi masyarakat di kalangan rumah tangga, perkantoran ataupun dunia industri. Karena memang Indonesia berada pada iklim tropis yang notabene nya memiliki suhu yang cukup hangat. Namun ketika akan membeli AC, sering kali kita melihat pada merk AC atau ringkasan pada AC tersebut ada kata / kode freon R32, freon R410a dan lain-lain. Tentu ada maksud dibalik kode tersbut, nah sekarang Haka Polar akan sedikit memberi ulasan tentang cara pilih tipe Freon AC yang terbaik sehingga anda tidak bingung lagi menentukan AC dengan freon R32 atau R410a.

pilih tipe freon ac

Sebelum Haka Polar memberikan ulasan lebih dalam mengenai tipe freon R32 dan R410a, ada baiknya kita lihat dahulu tabel perbandingan antara freon R32 dan Freon R410a, dan setelah itu kita lanjutkan ke topik pembahasan.

Jenis Freon ODP GWP Cooling Index Flammability
R410a 0 2090  92 tidak
R32 0 675 160 Rendah

Selanjutnya kita ulas lebih dalam lagi mengenai freon R32 dan freon R410a. Sebagai informasi, freon dengan tipe tersebut merupakan standar freon yang digunakan di Indonesia, karena memang ada banyak tipe freon tetapi kedua freon tersebut bisa dibilang ramah lingkungan. Kembali ke topik pembahasan, kita ulas dahulu apa yang ada pada tabel di atas.

ODP = Ozon Depletion Potential / Potensi Perusakan Ozon

GWP = Global Warming Potential / Potensi Pemanasan Global

Cooling Index = Angka Index Dingin

Flammability = Tingkat mudah terbakarnya Freon

Sekarang kita sudah mengetahui index dan tingkatan yang ada pada masing-masing freon, lalu pilih tipe freon AC mana yang baik untuk anda?

Freon R410a dan R32 sama-sama memiliki nilai ODP dengan angka 0, yang artinya kedua freon tersebut memiliki ODP yang terbaik karena tidak ada potensi untuk perusakan ozon. Selanjutnya kita lihat pada nilai GWP kedua freon tersebut, terlihat jelas perbedaan yang sangat jauh antara freon R32 dan R410a dimana freon R32 memiliki nilai GWP hanya 675 jika dibandingkan dengan freon R410a yang memiliki nilai GWP hingga 2090, bisa dikatakan GWP dari R32 lebih ramah lingkungan.

Untuk nilai Cooling Index pun R32 masih memiliki nilai yang lebih baik yaitu 160, sedangkan pada freon R410a memiliki nilai Cooling Index 92, yang artinya semakin tinggi nilai Cooling Index maka semakin tinggi pula tingkat dingin dari sebuah AC tersebut. Dan yang terakhir adalah Flammability, sayangnya untuk freon R32 masih kalah tingkat flammability nya ketimbang freon R410a. Meskipun pada freon R32 memiliki kemungkinan terbakar tetapi tidak menjadikan AC dengan freon R32 mudah terbakar atau meledak sekalipun rumah dalam keadaan terbakar. Tetapi memang demi keamanan dan kenyamanan mungkin freon R410a lebih unggul tingkat flammability nya.

Sudahkah anda mendapatkan pilihan untuk membeli AC impian anda? Karena pada saat beli AC Daikin ataupun beli AC Gree pasti memiliki tipe freon yang berbeda, dan sekarang anda bisa pertimbangkan mana yang baik untuk anda. Selain dengan pilih tipe freon AC yang baik anda juga bisa lihat perbandingan pada teknologinya bisa dilihat Perbedaan AC Inverter dan AC Low Watt supaya anda lebih yakin saat membeli AC impian anda.

Jika anda masih bingung dalam menentukan jenis AC yang tepat untuk ruangan anda, Haka Polar siap memberikan sedikit konsultasi mengenai jenis AC yang cocok untuk ruangan anda, segera hubungi kami di halaman kontak dan kami siap membantu anda dalam memilih AC yang tepat.

Pilih Tipe Freon AC yang Terbaik
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *