AC Tipe Low Watt dan Inverter, Mana Lebih Baik?

 

Air Conditioner (AC) / Pendingin ruangan sudah menjadi kebutuhan masyarakat yang menginginkan kesejukan dalam ruangan ketika udara panas di luar ruangan. Apalagi di Indonesia yang memang termasuk negara tropis.

Saat ini, perkembangan teknologi AC semakin berkembang sehingga melahirkan berbagai teknologi baru dan memunculkan berbagai tipe AC yang baru, diantaranya yaitu tipe AC Low Watt dan tipe AC Inverter. Apa saja perbedaannya dan mana yang lebih baik? Simak ulasannya di bawah ini.

Perbedaan AC Tipe Low Watt dan Inverter

 

AC low watt merupakan AC yang memilliki daya listrik lebih kecil daripada AC yang konvensional. Mengapa lebih rendah? Karena kerja compressor dikurangi atau menggunakan kompresor yang lebih kecil. Kelebihan AC low watt ini yaitu penggunaan listrik lebih hemat dengan catatan memberikan perlakuan yang tepat, diantaranya usahakan instalasi pipa AC tidak lebih dari 10 meter dan ketinggian antara unit indoor dan outdoor tidak lebih dari 3 meter selisihnya. Listrik lebih hemat juga karena laju pendinginan yang lebih lambat dari AC standar.  Bila dibandingkan dengan AC inverter, harga AC low watt termasuk lebih murah. Jika AC diperuntukkan untuk dinyala-matikan sebentar maka AC ini lebih hemat listrik daripada AC inverter. Adapun kekurangan AC low watt bila dibandingkan dengan AC inverter yaitu lamanya suhu yang dinginkan tercapai lebih lama, outdoornya lebih berisik, teknologinya tidak selengkap AC tipe inverter.

Perbedaan AC Tipe Low Watt dan Inverter

AC inverter memiliki teknologi yang sudah lebih maju bila dibandingkan dengan AC tipe low watt karena tipe tersebut dapat mengatur sistem kerja kompresor sesuai dengan kebutuhan. Sistem kerjanya yaitu jika sensor suhu mendeteksi bahwa ruangan sudah dingin, maka sensor tersebut akan mengatur listriknya agar si kompresor dapat bekerja lebih lambat daripada saat suhu ruangan belum dingin. Hal ini akan menghemat lebih banyak listrik. Kelebihan AC inverter ini yaitu lebih hemat listrik daripada AC low watt jika penggunaannya terus menerus. Lebih cepat mendinginkan ruangan.  Sedangkan kekurangan AC inverter ini yaitu harganya lebih mahal daripada AC low watt. Biaya perawatan, freon, sparepart lebih mahal.

Perbedaan AC tipe low watt dan AC tipe inverter tersebut bisa jadi referensi untuk Anda yang ingin memasang AC dalam ruangan sesuai kebutuhan dan pemakaian. Jadi, sebenarnya tidak ada yang lebih baik diantaranya keduanya karena 2 tipe tersebut memiliki peruntukan yang berbeda sesuai pemakaian konsumen. Belilah AC dengan tipe yang tepat sesuai kebutuhan dan budget Anda.

Perbedaan AC Tipe Low Watt dan Inverter
Tagged on:         

One thought on “Perbedaan AC Tipe Low Watt dan Inverter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X