Perhatikan 6 Hal Ini Agar Penggunaan AC Optimal dalam Rumah

 

Indonesia hanya memiliki 2 musim saja, yaitu musim hujan dan musim panas (kemarau). Ketika musim hujan sudah berakhir dan memasuki musim panas (kemarau), maka saatnya menggunakan sistem pendingin untuk menjaga suhu dalam rumah nyaman untuk ditinggali. Oleh karena itu, perlunya memastikan sistem pendingin bekerja dengan baik saat musim panas berlangsung. Berikut ini adalah beberapa cara dalam mempersiapkan rumah dan mengoptimalkan Air Conditioner (AC) agar dapat beroperasi dengan baik saat musim panas.

6 Langkah Agar Penggunaan AC Optimal dalam Rumah

Cara Optimalkan Penggunaan AC dalam Rumah

  1. Periksa insulasi loteng – Untuk memastikan efisiensi penggunaan AC (sistem pendingin), periksa dan perbaiki insulasi pada loteng. Hal tersebut dilakukan agar bisa mendapatkan suhu yang nyaman dengan efisien.
  2. Segel kebocoran udara – Cek lagi, apakah dalam ruangan yang ada AC terdapat kebocoran udara. Hal tersebut berguna agar penggunaan AC dapat lebih efisien dalam mendinginkan suhu ruangan tersebut. Bila memiliki jendela yang bisa buka tutup, maka cek saat jendela tersebut tertutup, apakah ada kebocoran atau tidak. Jika ada, lekas perbaiki.
  3. Periksa filter udara Anda – Sebelum menyalakan AC pada musim panas (kemarau), periksa filter udara Anda. Filter udara kotor membatasi aliran udara dan membuat sistem pendingin (penggunaan AC) Anda beroperasi kurang efisien. Kebanyakan filter harus diperiksa setidaknya sebulan sekali dan diganti bila terlihat kotor.
  4. Membersihkan daerah sekitar unit AC – Pada unit kondensasi outdoor, membersihkan daerah dari puing-puing seperti daun dan rumput mati. Ini juga merupakan ide yang baik untuk memangkas kembali setiap dedaunan di dekat unit untuk memastikan aliran udara yang memadai.
  5. Memeriksa saluran pembuangan – sistem pendingin Anda akan perlu untuk mengalirkan kelebihan air saat beroperasi. Untuk memeriksa saluran pembuangan, periksa saat AC berjalan, sehingga akan melihat apakah air yang dibuang tersebut mengalir lancar atau tidak. Jika Anda tidak melihat air apapun, mungkin menjadi tanda saluran pembuangan air tersumbat.
  6. Pemeriksaan AC oleh profesional – Pemeliharaan rutin pada AC Anda akan membuat sistem pendingin tersebut berjalan efisien. Jasa pemeliharaan AC profesional akan memeriksa bahwa AC Anda pada tingkat yang benar seperti komponen listrik dan mekanik beroperasi dengan benar.

Baca Juga : Tips Merawat AC Agar Lebih Awet Dipakai

Jadikan musim panas (kemarau) Anda tetap asyik karena penggunaan AC dalam rumah berjalan dengan baik sehingga dapat mewujudkan suhu yang nyaman. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan saran 6 langkah tersebut agar penggunaan AC optimal dalam rumah.

6 Langkah Agar Penggunaan AC Optimal
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X